Bab 4
MEMBUAT BANGUN GEOMETRI
Coreldraw menyediakan fasilitas untuk menggambar bentuk-bentuk dasar, memodifikasi bentuk objek dan berbagai macam efek khusus.
MENGGAMBAR KOTAK
Menggambar Dengan Drag Mouse Secara Diagonal:
Menggambar kotak:
1.klik ikon Rectangle Tool pada toolbox
2.drag ke arah yang berlawanan sehingga membentuk segiempat
Menggambar bujur sangkar:
1.klik Rectangle Tool
2.drag ke arah yang berlawanan sambil menekan tombol Ctrl
Menggambar dengan 3-Point Rectangle Tool:
1.klik Rectangle Flyout, dan pilih 2-Point Rectangle Tool
2.klik pada sudut kiri atas gambar tersebut, drag mouse untuk mendapatkan lebar dari segiempat itu, kemudian lepaskan tombol mouse
3.selanjutnya gerakkan mouse untuk membentuk tinggi dari segiempat tersebut, kemudian klik di tempat tersebut.
4.untuk mengubah ukurannya, ketikkan nilai ukurannya pada kotak Object Size Boxes
Menggambar kotak yang bersudut tumpul:
1.klik segiempat atau bujur sangkat yang akan dimodifikasi bentuknya
2.ketikkan nilai derajat pada sudut yang akan dibulatkan pada property bar
MENGGAMBAR ELIPS DAN LINGKARAN
Untuk menggambar bentuk elips, berikut langkah-langkah:
1.klik ikon ellipse Tool pada toolbox
2.bawa pointer ke dalam area kerja
3.drag pointer pada area kerja secara diagonal sehingga membentuk elips dengan ukuran yang diinginkan
Menggambar lingkaran:
1.klik ikon Ellipse Tool
2.tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard
3.drag secara diagonal pada Drawing Window hingga menhasilkan lingkaran dengan ukuran yang diinginkan
4.untuk menggambar elips dari tengah melebar ke luar, tekan, dan tahan tombol Shift pada saat meng-drag mouse
Menggambar Elips dengan 3-Point Ellipse Tool
1.klik ikon 3-Point Ellipse Tool
2.klik titik awal dimana anda akan menggambar elips atau lingkaran
3.drag secara diagonal ke arah mana anda akan hendak membuat titik tengah, lalu lepaskan mouse
4.gerakkan mouse untuk membentuk tinggi elips atau lingkaran, lalu klik di tempat tersebut
Menggambar busur:
1.klik ikon Ellipse Tool
2.klik tombol Arch
3.drag pointer mouse sehingga membentuk busur yang diinginkan. Untuk mengeset letak ujung busur dapat dikendalikan melalui kotak Spinners pada Property bar.
Menggambar Wedge (Mata kapak):
1.klik Ellipse Tool
2.klik tombol Pie pada property bar
3.klik shape tool
4.srag pointer sehingga membentuk wedge yang diinginkan
MEMBUAT POLIGON DAN BINTANG
Menggambar Poligon:
1.klik ikon Polygon Tool
2.bawa pointer ke drawing window
3.drag pointer secara diagonal para drawing window sampai membentuk poligon dengan ukuran yang diinginkan
Menggambar bintang:
1.klik Polygon Tool
2.klik tombol Star pada property bar
3.bawa pointer ke drawing window
4.drag pointer mouse secara diagonal pada area kerja sampai membentuk gambar bintang dengan ukuran yang diinginkan
Mengubah jumlah sisi poligon atau jumlah titik bintang:
1.klik bentuk poligon atau jumlah titik bintang
2.ketikkan nilai jumlah sisi poligon di kotak isian Number of points on polygon pada property bar
3.bila telah selesai, tekan enter
MENGGAMBAR SPIRAL
Cara menggambar spiral:
1.klik Spiral Tool
2.pada property bar ketikkan nilai untuk jumlah kisaran/pusaran pada kotak isian Spiral Revolutions dan pilih jenis Spiral Simetris atau Spiral Logaritma
3.drag mouse secara diagonal pada area kerja sehingga membentuk spiral dengan ukuran yang diinginkan
MENGGUNAKAN GRAPH PAPER
Untuk membuat Grid, berikut langkahnya:
1.klik ikon Graph Paper Tool
2.pada property bar, ketikkan nilai untuk jumlah kolom dan baris pada kotak isian Graph paper columns and rows
3.drag pointer secara diagonal pada Drawing Window hingga membentuk kotak yang diinginkan
MENGGAMBAR BENTUK-BENTUK YANG LAIN
Untuk menggambar bentuk, lakukan langkah-langkah berikut:
1.buka flyout Perfect Shapes, dan klik salah satu tool berikut ini
-Basic shapes
-Arrows shapes
-Flowchart shapes
-Star shapes
-Callout shapes
2.buka pilihan Perfect Shapes pada property bar dan klik bentuk yang diinginkan
3.drag pointer mouse secara diagonal pada area kerja sehingga menghasilkan bentuk dengan ukuran yang diinginkan
MENGGUNAKAN FITUR SHAPE RECOGNITION
Untuk menggunakan fitur Shape Recognition, lakukan langkah berikut:
1.klik ikon Smart Drawing Tool
2.pilihlah Recognition Level pada listbox recognition level di property bar
3.pilih juga smoothing level pada listbox smoothing level di property bar
4. drag pointer mouse sehingga membentuk gambar yang anda inginkan
Rabu, 11 Maret 2009
Rangkuman Buku Corel Bab 4
Diposting oleh MRNK di 06.29
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar